BAHYUDINNOR.COM - Tujuan dasar dari pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif adalah menggantikan atau melengkapi serta mendukung unsur-unsur seperti tujuan, materi, metode, dan alat penilaian yang ada dalam proses belajar mengajar biasa dilakukan di lingkungan pendidikan saat ini.
Kompetensi Dasar :
1. Mengenali bentuk-bentul model Multimedia Interaktif
Indikator Pencapaian :
1. Menjelaskan Model Media Pembelajaran Interaktif. (KD 3)
2. Mendemonstrasikan Salah satu model Media Pembelajaran dengan terampil. (KD 4)
Model-Model Multimedia Interaktif
Menurut Nandi, 2006 seperti dikutip dari H. Waryanto, 2011 terdapat model- model multimedia interaktif, yaitu :
a. Model Drills / Practice
Model drills merupakan salah satu bentuk model pembelajaran interaktif berbasis komputer CBI yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongret melalui penyedian latihan-latihan soal untuk menguji penampilan siswa melalui kecepatan menyelesaikan latihan soal yang diberikan program secara umum tahapan materi model drill adalah sebagai berikut :
- Penyajian masalah-masalah dalam bentuk latihan soal pada tingkat tertentu dari penampilan siswa.
- Siswa mengerjakan latihan soal.
- Program merekam penampilan siswa, mengevaluasi kemudian memberikan umpan balik.
- Jika jawaban yang diberikan benar program menyajikan soal selanjutnya dan jika jawaban salah progaram menyedian fasilitas untuk mengulang 9 latihan atau remediation , yang dapat diberikan secara parsial atau pada akhir keseluruhan soal.
b. Model Tutorial
Model tutorial merupakan program pembelajaran interaktif dengan menggunakan perangkat lunak atau software berupa program komputer yang berisi materi pelajaran. Secara sederhana pola-pola pengoperasian komputer sebagai instruktur pada model tutorial ini yaitu: - Komputer menyajikan materi.
- Siswa memberikan respon.
- Respon siswa dievaluasi oleh komputer dengan orientasi pada arah siswa dalam menempuh prestasi berikutnya.
- Melanjutkan atau mengulangi tahapan sebelumya.
Tutorial dalam program pembelajaran multimedia interaktif ditujukan sebagai pengganti manusia sebagi instruktur secara langsung, bisa berupa teks atau grafik pada layar yang telah menyediakan poin-poin pertanyaan atau permasalahan.
c. Model Simulasi
Model simulasi pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman secara kongkret melaui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana pengalaman yang mendekati suasana sebenarnya dan berlangsung dalam suasana yang tanpa resiko.
Model simulasi terbagi dalam empat kategori, yaitu : fisik, situasi, prosedur, dan proses.
Secara umum tahapan materi model simulasi adalah 10 sebagai berikut : pengenalan, penyajian, informasi, simulasi 1, simulasi 2, dst, pertanyaan dan respon jawaban, penilaian respon, pemberian feedback tentang respon, pengulangan, segmen pengaturan pengajaran, dan penutup.
d. Model Instructional
Games Model Instructional Games merupakan salah satu metode dalam pembelajaran dengan multimedia interaktif yang berbasis komputer. Tujuan model Instructional Games adalah untuk menyediakan suasana lingkungan yang memberikan fasilitas belajar yang menambah kemampuan siswa.
Model Instructional Games tidak perlu menirukan realita namun dapat memiliki karakter yang menyediakan tantangan yang menyenangkan bagi siswa. Model Instructional Games sebagi pembangkit motivasi dengan memunculkan cara berkompetisi untuk mencapai sesuatu.
e. Hybrid
Model hybrid adalah gabungan dari dua atau lebih model multimedia pembelajaran. Contoh model hybrid adalah penggabungan model tutorial dengan model drill and practice dengan tujuan untuk memperkaya kegiatan pengguna, menjamin ketuntasan belajar, dan menemukan metode-metode yang berbeda untuk meningkatkan pembelajaran. Meskipun model hybrid bukanlah model yang unik, tetapi model ini menyajikan metode yang berbeda dalam kegiatan pembelajaran. Model hybrid memungkinkan pengembangan pembelajaran secara komprehensif yaitu menyediakan seperangkat kegiatan belajar yang lengkap.
f. Socratic
Model ini berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language. Bila pengguna dapat menjawab sebuah pertanyaan disebut Mixed-Initiative CAI. Socratic berasal dari penelitian dalam bidang intelegensia buatan (Artificial Intelegence).
g. Inquiry
Model Inquiry adalah suatu sistem pangkalan data yang dapat dikonsultasikan oleh pengguna, dimana pangkalan data tersebut berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna.
h. Informational
Informational biasanya menyajikan informasi dalam bentuk daftar atau tabel. Informational menuntut interaksi yang sedikit dari pengguna.
=======
Bahan Materi Desain Multimedia Interaktif:
Bab I Konsep Multimedia Interaktff
Bab II Merancang Desain Multimedia Interaktif
1. Konsep4. Pembuatan5. Percobaan6. Distribusi
B. Merancang Desain Multimedia Interaktif
Bab Ill Perancangan Desain User Interface pada Multimedia Interaktif
A. Mengenal Prinsip Desain User Interface
B. Membuat User Interface Multimedia Interakåf
Bab IV Prosedur Mengoperasikan Multimedia Interaktif
A. Mengenal Prosedur Pengoperasian
B. Mengenal Komponen Multimedia Interaktif yang Digunakan
C. Mengoperasikan Multimedia Interaktif
Bab V Menggabungkan Komponen dalam Multimedia Interaktif
A. Mengenal Komponen Multimedia Interaktif
B. Meng-import Image, Audio, Teks, Animasi, dan Video
Bab VI Stye pada Multimedia Interaktif
A. Macam Style pada Multimedia Interaktif
B. Membuatstyle pada Multimedia Interaktif
Bab VII Evaluasi Produk Multimedia Interaktif Berbasis Web
A. Pentingnya Melakukan Evaluasi
B. Membuat Review Produk MUItimedia Interaktif Berbasls Web
Bab VIII Kode Program pada Multimedia Interaktif
A. Mengenal Konsep Dasar ActionScript
B. Membuat Kode Program pada Adobe Flash CS6
Bab IX Pengolahan Multimedia Interaktif dengan ActionScript
A. Bentuk Pengolahan Media Interaktif .
B. Melakukan Pengolahan Media Interaktif dengan Audio
Bab X Pengolahan Data pada Multimedia Interaktif
A. Mekanisme Pengolahan Data Media Interaktif
B. Melakukan Pengolahan Data pada Multimedia Interakti
Bab XI Bentuk Publikasi Multimedia Interaktif
A. Mengenal Jenis-Jenis Publikasi
B. Membuat Publikasi Multimedia Interaktif
Bab X Pembuatan Produk Multimedia Interaktif
A. Meiakukan Pembuatan Konscp dan Perancangan
B. Melakukan Pcngumputan Bahon dan Pcmbuatan Produk
C. Tahap Coba dan
Bab XIII Evaluasi Produk Multimedia Interaktif
A. Pentingnya Melakukan Evajuasi
B. Membuat Review Produk Multimedia Interaktif